7 Cara Membuat BRI Mobile Terbaru 2023

Cara Membuat BRI Mobile mungkin sedikit membingungkan untuk sebagian pengguna, yang mana Upgrade metode transaksi menjadi digital kini menjadi pilihan bagi semua orang, salah satunya dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile dari Bank BRI. BRI Mobile adalah aplikasi mobile banking yang memudahkan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja. Bagaimana cara membuat BRI Mobile? Berikut adalah panduan yang bisa dicoba untuk merasakan kemudahan dalam bertransaksi.

BRI Mobile memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer, pembelian pulsa, tagihan listrik, dan lain sebagainanya. Jadi, tidak perlu datang ke ATM atau bank untuk melakukan transaksi. Cukup dengan smartphone dan koneksi internet, transaksi perbankan bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

Cara Membuat BRI Mobile

Cara Membuat BRI Mobile

Aplikasi BRI Mobile merupakan layanan digital perbankan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dengan aplikasi ini, nasabah BRI bisa melakukan berbagai macam transaksi hanya dengan menggunakan smartphone. Dengan begitu, nasabah tidak perlu lagi repot-repot datang ke cabang bank atau mesin ATM untuk melakukan transaksi.

Salah satu fitur unggulan dari BRI Mobile adalah kemudahan dalam pembuatan. Cukup dengan beberapa klik, nasabah sudah bisa menikmati berbagai layanan digital dari BRI. Berikut adalah beberapa pembahasan tentang cara membuat BRI Mobile.

Dowload Aplikasi BRI Mobile

Pertama, mengunduh aplikasi BRI Mobile. Hal ini dapat dilakukan di App Store atau Google Play Store. di bawah ini akan membantu mempermudah dalam proses pengunduhan:

  1. Bukalah App Store atau Google Play Store di smartphone
  2. Cari aplikasi “BRI Mobile” di kolom pencarian
  3. Klik “install” dan tunggu hingga proses instalasi selesai

Cara Membuat BRI Mobile di Hp

Setelah berhasil mengunduh, berikutnya adalah melakukan registrasi di aplikasi BRI Mobile. Berikut adalah petunjuk singkatnya:

  1. Setelah terinstal, buka aplikasi BRImo di ponsel Anda.
  2. Pilih tombol ‘DAFTAR’.
  3. Lampirkan salinan KTP dan ambil foto diri sambil menunjukkan e-KTP Anda.
  4. Anda akan diminta untuk menandatangani layar ponsel sesuai instruksi yang diberikan.
  5. Isi detail selanjutnya: NIK, Nama Lengkap, Nama Gadis Ibu, Tanggal Lahir. Tinjau detail Anda, lalu klik ‘ LANJUT’.
  6. Masukkan nomor 16 digit yang tertera di kartu ATM dan tanggal kedaluwarsa yang tertera di bagian bawah kartu ATM. Klik ‘LANJUT’.
  7. Masukkan nomor telepon dan alamat email yang valid, sistem kemudian akan mengirimkan kode OTP ke email dan tautan ke telepon Anda melalui SMS.
  8. akan diminta untuk merekam wajah Anda, pastikan berada di tempat yang cukup terang dan tekan ‘Rekam’, lalu ‘Gunakan Rekaman’.
  9. Ambil foto selfie sambil menunjukkan KTP Anda dan tekan ‘Gunakan Foto’
  10. Anda akan diminta untuk menandatangani dengan jari di ponsel. Setelah selesai, klik ‘Gunakan Tanda Tangan.’
  11. Data kemudian akan diproses, dan setelah berhasil, konfirmasi akan muncul, lalu klik ‘Konfirmasi’.
  12. Anda akan diminta memasukkan kode tanda tangan digital yang dikirim via SMS
  13. Buat nama pengguna dan lalu klik ‘Lanjut’
  14. Buat kata sandi yang aman
  15. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk masuk ke aplikasi BRImo
  16. Langkah terakhir adalah membuat PIN yang akan digunakan untuk setiap transaksi di BRImo.

Cara Menggunakan BRI Mobile

Cara Membuat BRI Mobile

Setelah berhasil dengan Cara Membuat BRI Mobile, kini sudah bisa memanfaatkan berbagai layanan di BRI Mobile. Berikut Cara Menggunakan BRI Mobile:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile dan masukkan PIN yang telah dibuat saat registrasi
  2. Pilih menu layanan yang ingin digunakan, seperti transfer, pembelian produk, pembayaran, dan lainnya
  3. Ikuti petunjuk yang tertera pada aplikasi dan pastikan transfer atau transaksi lainnya berhasil dilakukan

Menggunakan BRI Mobile akan memudahkan transaksi perbankan sehingga dapat dilakukan dimanapun. Untuk menunjang keamanan, sebaiknya selalu memperhatikan tips keamanan dalam bertransaksi online.

Fitur Layanan BRI Mobile

Sesudah melakukan registrasi, nasabah bisa memilih layanan apa yang akan digunakan. Layanan BRI Mobile terdiri atas beberapa jenis, diantaranya, m-Transfer, m-Purchase, dan juga m- Admin. Untuk lebih memahami fitur-fitur tersebut, panduan berikut ini akan membantu:

  1. M-Transfer: Layanan ini memungkinkan untuk melakukan transfer antar bank maupun sesama BRI dengan lebih mudah dan cepat
  2. M-Purchase: Dengan layanan ini, pembelian produk digital seperti pulsa, token listrik, serta tiket bisa dilakukan dengan cepat
  3. M-Admin: Fitur ini menyediakan akses untuk mengubah PIN, berlangganan SMS banking, dan lain sebagainya.

Cara Optimalkan Penggunaan BRI Mobile

Untuk memaksimalkan manfaat dari BRI Mobile, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan smartphone yang digunakan mendukung untuk penggunaan BRI Mobile. Smartphone dengan sistem operasi iOS atau Android biasanya sudah mendukung.
  2. Pastikan koneksi internet stabil saat menggunakan BRI Mobile. Transaksi perbankan adalah hal yang krusial dan membutuhkan koneksi internet yang baik.
  3. Jangan lupa untuk selalu melogout setelah selesai menggunakan BRI Mobile untuk menjaga keamanan akun.

Penanganan Masalah BRI Mobile

Namun, bagaimana jika terjadi kendala atau masalah saat menggunakan BRI Mobile? Tidak perlu khawatir, selalu ada solusi. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa dicoba:

  1. Apabila aplikasi BRI Mobile tidak bisa dibuka atau mengalami gangguan, cobalah untuk memeriksa koneksi internet. Jika koneksi baik, cobalah restart smartphone dan buka kembali.
  2. Jika lupa PIN, bisa langsung menghubungi call center BRI atau datang ke cabang BRI terdekat untuk reset PIN.
  3. Jika mengalami masalah brisat, cobalah untuk uninstall aplikasi kemudian install kembali.

Tips Keamanan Penggunaan BRI Mobile

Pemakaian BRI Mobile juga membutuhkan kewaspadaan – seperti layanan digital pada umumnya. Berikut ini beberapa anjuran dalam rangka menciptakan pengalaman bertransaksi yang aman dan nyaman:

  1. Jangan pernah memberitahukan PIN atau informasi akun kepada orang lain, termasuk pihak Bank BRI sekalipun.
  2. Selalu meng-update aplikasi BRI Mobile ke versi terkini untuk mendapatkan fitur dan sistem keamanan yang ter-upgrade.
  3. Jika merasa ada sesuatu yang mencurigakan atau mendapat sms/email terkait akun BRI Mobile, segera hubungi call center BRI.

Mengedepankan keamanan dalam bertransaksi online sama pentingnya dengan kenyamanan yang didapat. Oleh karena itu, selalu kedepankan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam setiap aktifitas transaksi online.

Penutup, BRI Mobile membantu nasabah BRI dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. Dengan paham Cara Membuat BRI Mobile, nasabah bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun.